Selasa, 08 Maret 2011

Teknik membuat kop surat di word 2007...

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering bekerja berhubungan surat menyurat, apalagi di lingkungan perkantoran, sekolah, lembaga-lembaga sosial dll. Pada proses pembuatan surat tersebut pasti terdapat bagian yang namanya kop surat. Nah pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana teknik membuat kop surat pada microsoft office word 2007.

Kop surat biasanya terdiri dari logo dan nama lembaga. Logo biasanya terletak disebelah kiri dan nama lembaga biasanya dibuat ditengah [centre]. Dibawah kop surat biasanya terdapat garis bawah. Yang akan diuraikan disini adalah bagaimana membuat garis bawah tersebut.

Banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat garis lurus dibawah kop surat. Yang sering dan mudah digunakan adalah dengan menggunakan shape dari menu insert. Tetapi pada kesempatan kali ini kita tidak akan menggunakan bantuan Shape, tetapi akan menggunakan bantuan Table. Mungkin cara ini agak berbeda dengan yang sering digunakan tetapi cara ini mempunyai beberapa kelebihan dibanding dengan menggunakan Shape. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut.

1.       Langkah pertama dalam membuat kop surat dengan Table adalah dengan mengklik Insert – Table [gunakan satu tabel saja].
    

Setelah anda mengklik opsi satu table maka akan muncul sebuah tabel. Kemudian ketiklah Kop Surat  yang akan dituliskan didalam table dan masukkan juga logonya. Seperti gambar dibawah ini :
Buatlah ukuran tulisan nama instansi/lembaga [dalam contoh tersebut adalah SD NEGERI TAMANSARI 01] lebih besar dari ukuran huruf yang laen [penulis menggunakan Times New Roman, 18 dan yang laen 12]. Hal ini bertujuan untuk lebih enak dilihat, bagus dan lebih jelas saja. Tidak ada aturan khusus.

2. Setelah anda selesai melakukan proses pengetikan, langkah selanjutnya adalah menghilangkan garis table. Berikut langkah-langkah menghilangkan table tersebut.

     Blok lah seluruh kolom dengan cara letakkan pointer [anak panah] di sebelah kiri table dan klik sekali maka seluruh kolom akan terblok.
          
         Setelah seluruh kolom terblok maka carilah Design [menu ini hanya muncul jika kolom di blok].
     
     Setelah muncul menu Design kemudian klik lah No Border sehingga garis pada tabel tidak akan tampak semuanya. [seperti gambar dibawah ini].
    

Kemudian tampilkanlah kembali garis tabel [yang bawah saja] dengan cara : Blok kembali seluruh tabel kemudian cari Design dan pilihlah garis yang sesuai.


Setelah anda memilih garis yang sesuai maka akan pointer akan berubah seperti pencil. Letakkan pointer pencil tersebut digaris bawah kemudian klik satu kali maka akan muncul garis seperti yang diinginkan.
       
Kop surat dengan karakter tabel yang tegas sudah selesai anda kerjakan. Lakukan proses pengetikan selanjutnya.
Cara ini [menggukan tabel] memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan menggunak Insert Shape. Kelebihan tersebut adalah tabel [garis tabel] akan ikut berubah apabila margin dirubah. Sementara jika kita menggunakan Shape tidak akan berubah jika margin mengalami perubahan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
Gambar yang atas adalah gambar kop surat dengan menggunakan tabel sedangkan yang bawah adalah menggunakan insert shape, keduanya sebelum margin dirubah. Gambar selanjutnya akan menunjukkan perbedaan apabila marginnya dirubah.
Apabila marginnnya dirubah [misalnya Right : 5, semula Right 2] maka akan terdapat sebuah perbedaan. Kop surat yang menggunakan tabel akan mengikuti margin sementara yang menggunakan shape akan tetap, tidak mengalami perubahan. Menurut penulis dengan menggunakan tabel kop surat akan tampak lebih rapi, tegas dan sedikit lebih cepat karena jika terjadi perubahan margin [dipersempit] kita tidak perlu memperkecil tabel.

Kesimpulannya adalah banyak cara untuk membuat garis pada kop surat diantaranya adalah  menggunakan tabel dan shape, semuanya tergantung kita lebih suka menggunakan cara yang mana, bebas tidak ada aturan khusus. Hehe...
Demikianlah tutorial membuat Kop Surat dengan menggunakan Tabel, semoga bermanfaat. :D
       

2 comments:

Mahendra Tour,Travel & Rent car mengatakan...

Bagus aku bangga ada anak jember buat blog..... bermanfaat...

singgih mengatakan...

like it,,
from deniv.blogspot.com

Posting Komentar