Sabtu, 12 Maret 2011

Penomoran di Word 2007...

Ketika kita mengolah sebuah teks/dokumen pasti kita akan berjumpa dengan penomoran, baik itu yang Numerik (angka) atau Alphabet (huruf). Seperti pada saat kita menulis skripsi, soal atau yang lain. Untuk membuat penomoran tersebut banyak cara yang bisa dilakukan diantara secara manual dengan menekan kunci-kunci pada keyboard atau dengan menggunakan penomoran otomatis dengan menggunakan numbering. Cara yang kedua ini tampak lebih cerdas dari pada penomoran manual. Karena selain lebih cepat dokumen pun akan tampak lebih rapi.

Pada Microsoft Office Word 2007 biasanya penomoran bisa langsung digunakan secara dengan menekan key angka, titik, spasi. Maksudnya adalah dengan menekan angka satu (1) terus Titik (.) terus spasi maka akan menjadi sebuah penomoran otomatis. Seperti contoh dibawah ini.


Pada contoh diatas penulis hanya menggunakan key (angka, titik dan spasi) saja untuk membuat penomoran otomatis. Cara ini cukup mudah dan saya yakin anda pun sudah bisa. :D.

Tetapi pada kesempatan kali ini tidak akan membahas hal tersebut tetapi membuat penomoran yang melibatkan cukup banyak angka dan secara otomatis. Biasanya dibuat untuk menuliskan sub-sub pokok bahasan, seperti 1.2.1, 1.2.2, 3.1.1.1 dst. Berikut akan di uraikan lebih rinci tentang penomoran tersebut.

Untuk membuat penomoran (misalnya : 1.2.1, 1.2.2, 3.1.1.1 ) langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan cara : klik Home – Numbering – Define New Format Number. Perhatikan gambar dibawah ini :


Setelah anda mengklik Define New Number Format anda akan menjumpai kota dialog seperti dibawah ini :


Pada kotak dialog ini terdapat opsi Number Style, Number Format [yang berkotak merah] dan Alignment. pada Opsi Number style terdapat pilihan number yang akan kita gunakan, angka atau huruf dll. Sedangkan Number format adalah Format penomoran. Nah disinilah kita akan mengatur bagaimana membuat penomoran yang terdiri dari sub-sub pokok bahasan. Perhatikan gambar dibawah ini :


Pada Number fomat, angka yang terblok (1) adalah merupakan angka otomatis, akan selalu berurutan apabila dilakukan enter. Sedangkan dua angka didepan angka yang terblok (1.2) merupakan angka yang tetap, tidak akan berubah apabila dilakukan enter ketika sudah menjadi teks. Setelah kita mengatur kotak dialog tersebut maka akan tampak seperti gambar dibawah ini :


Untuk membuat penomoran model 3.3.1.1, 3.3.1.2, 3.3.1.3 anda kembali lagi ke Define New Number Format dan masukkan angka 3.3.1 di depan angka satu yang terblok. Seperti gambar dibawah ini :


Dengan menggunakan penomoran ini, teks/dokumen akan tampak lebih rapi dan kita pun akan lebih cepat dalam melakukan pengetikan karena hanya dengan melakukan enter penomoran akan muncul dengan sendirinya. Hal ini tentu berbeda jika kita menggunakan cara manual [dengan menekan keyboard satu persatu].

1 comments:

Unknown mengatakan...

kalau 3.1. pada paragraph baru gimna??
soalnya saya coba tidak bisa secara otomatis dari atas.

Posting Komentar